Home / Berwisata Sejarah di Kotagede, Yogyakarta

Berwisata Sejarah di Kotagede, Yogyakarta

aadc2

Semua orang sudah mengetahui bahwa Yogya adalah kota di Indonesia yang paling diminati untuk menjadi tujuan berwisata atau berlibur. Sepertinya anda akan mampu menjumpai berbagai jenis tempat wisata di kota ini. Nah, Kotagede merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Yogyakarta akan wisata yang sangat beragam. Namun Kotagede lebih terkenal dengan aset kesejarahannya. Beberapa destinasi yang tersedia banyak yang merupakan cerminan dari peninggalan Indonesia pada zaman kerajaan.

Kotagede Yogyakarta sering dianggap sebagai tujuan wisata budaya yang memiliki nuansa sejarah yang begitu kental. Karena pada zaman dahulu Kotagede merupakan Ibukota salah satu kerajaan terbesar di Jawa, bahkan Indonesia yaitu Kerajaan Mataram. Dari kehidupan kerajaan Mataram pada masa itu masih terdapat jejak-jejaknya yang dapat kita temui hingga kini. Kotagede tidak lagi menjadi Ibukota Kerajaan seiring dengan pergantian zaman. Namun penduduknya semakin bertambah dari masa ke masa. Namun peninggalannya masih utuh terjaga dan semakin diminati oleh traveler baik tua maupun muda, dan lebih menarik lagi bagi para sejarawan.

Saat anda memasuki wilayah Kotagede, suasana Yogya tempo dulu akan sangat terasa. Oleh karena itu Kotagede disebut juga sebagai kota tua. Anda bisa mengandalkan paket wisata jogja  yang kini semakin memberi pelayanan terbaik dan menawarkan berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada beberapa destinasi yang biasanya menjadi tujuan orang untuk berwisata ke Kotagede, diantaranya adalah seperti di bawah ini.

  1. Pasar Tradisional Kotagede

Pasar ini merupakan yang tertua di Yogyakarta, karena sudah ada dari zaman kerajaan hingga saat ini. Setiap hari yang memiliki weton Legi, akan terjadi marak aktivitas ekonomi di pasar ini. Pasar Tradisional Kotagede dinilai mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Pasar ini sudah beberapa kali mengalami renovasi, namun ternyata arsitektur klasik yang dimiliki tetap dijaga, tidak berubah. Pasar ini adalah awal perjalanan yang baik bagi anda yang ingin mengunjungi wisata sejarah Kotagede. Karena jika anda berjalan menuju ke selatan aka menemui berbagai objek wisata sejarah lainnya.

  1. Kompleks Makam Raja Mataram

Tempat ini terletak kurang lebih 100 meter dari Pasar Tradisional Kotagede. Disini terdapat makam para pendiri dan pembesar kerajaan Mataram yaitu Sultan Hadiwijaya, Ki Gede Pemanahan, serta Keluarga Panembahan Senopati. Tembok yang tinggi menjulang akan terlihat pada makam ini. Saat memasuki kompleks makan, anda akan disambut adanya gapura yang memiliki karakteristik Hindu. Penjaga atau abdi dalem di kompleks makam ini mengenakan busana adat Jawa dan bekerja selama 24 jam.

  1. Masjid Agung Kotagede

Masjid ini merupakan yang tertua di kota Yogyakarta. Letaknya masih dalam satu kawasan dengan kompleks makam Raja Mataram.

  1. Rumah Tradisional

Anda dapat menjumpai rumah tradisional asli masyarakat Jawa disini. Objek ini terletak di seberang kompleks makam Raja Mataram. Jika melangkah sekitar 50 meter lagi, anda akan melihat gapura yang rendah dan berongga serta terdapat plakat yang bertuliskan Cagar Budaya. Rumah-rumah ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal.

  1. Reruntuhan Benteng

Reruntuhan benteng memiliki luas wilayah 400 x 400 meter. Dilengkapi dengan parit yang menjadi cirri khas keadaan masa lampau. Benteng ini digunakan sebagai pertahanan Keraton Mataram dari berbagai serangan. Tidak heran jika benteng ini memiliki dinding yang tebal yaitu setebal 4 kaki yang terbuat dari bongkahan batu besar.

Itulah tadi mengenai objek wisata jogja di Kotagede yang kental dengan nuansa kerajaan Mataram. Paket tur Jogja dapat anda jadikan solusi pilihan terbaik untuk anda yang ingin berwisata ke Yogyakarta. Bagi anda yang  ingin berwisata dengan keluarga dapat menggunakan kendaraan pribadi, atau dapat pula menggunakan jasa rental motor jogja dan rental mobil jogja.

Koordinat Lokasi : -7.8293666,110.3977174 ato klik maps Kotagede