Home / Geplak Jogja

Geplak Jogja

Geplak, Oleh – Oleh Legendaris Jogja

geplak-jogja

Saat anda sedang liburan ke Yogyakarta bersama dengan keluarga atau teman akan jauh lebih aman dan nyaman jika menggunakan rental motor jogja dan rental mobil jogja karena biayanya akan jauh lebih murah, terlebih jika anda ingin wisata kuliner.

Salah satu tujuan wisata kuliner bisa menjadi salah satu paket wisata jogja saat anda liburan. Jika memang demikian, jangan lupa untuk membeli dan mencicipi makanan satu ini, Geplak. Geplak adalah satu dari sekian banyak kuliner paling legendaris yang bisa anda temukan di jogja dan khususnya ada di kawasan Bantul. Kuliner ini merupakan sejenis dengan kue tradisional yang memang terbuat dari adonan dan parutan kelapa dengan tepung dan juga gula. Dengan demikian tak heran jika rasanya sangat manis dengan aroma dari kelapa yang sangat kental. Untuk anda yang sedang liburan atau sekedar mampir ke jogja maka jangan sampai lupa untuk mencoba salah satu kuliner khasnya ini atau jika anda ingin bisa juga geplak menjadi salah satu oleh – oleh keluarga anda. Karena kue tradisional ini memang sangat mudah sekali anda temukan di hampir semua kawasan jogya dan sekitarnya bahkan sudah tersedia juga disemua toko kue dan juga oleh – oleh jogja.

Geplak Bantul, Yogyakarta

Jika anda menggunakan paket tur jogja biasanya agent tour akan menawarkan untuk wisata kuliner. Tapi yang perlu anda ketahui juga, sebenarnya geplak tidak selamanya dan tidak hanya sangat mudah anda temukan di Jogja, tapi juga jenis kue tradisiona ini juga sudah tersebar di banyak daerah di jogja atau beberapa kota lain yang ada Jawa Tengah dan termasuk juga didalamny adalah Solo dan Semarang. Dikota – kota ini sudah banyak tersebar geplak di toko oleh – oleh. Selain memiliki rasa yang manis, ternyata kemasan dari kue tradisional ini juga sangat menarik dan unik, karena sudah dikemas dalam tempat yang terbuat dari ayaman bambu atau biasanya untuk orang jawa ini disebut dengan “besek”.

Dari semua kota ini, bantul adalah salah satu tempat paling banyak terdapat geplak. Geplak bantul memiliki ciri khas dengan bentuknya bulat – bulat. Selain itu, rasa yang diberikan juga sangat manis dengan tampulan fisiknya yang juga berwarna – warni dan sangat menggoda. Sehingga siapapun yang melihat kue tradisional ini akan menjadi penasaran untuk segera mencicipinya. Sehingga tak heran jika ini menjadi salah satu jenis kuliner legendaris yang memang banyak disukai dengan semua orang dair semua kalangan baik dari anak – anak ataupun dari orang dewasa.

Salah satu panganan dari jogja ini sebenarnya berada pada satu pusat yang terkenal yaitu di bantul. Ada satu tempat yang wajib anda kunjungi saat wisata jogja yaitu mengunjungi bantul. Dan tempat yang dianggap familiar untuk bisa mencicipi Geplak ini adalah dengan  mengunjungi Geplak Mbok Tumpuk. Ini adalah tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung sehingga sangat sayang jika anda tidak sempat mampir ke tempat ini saat liburan ke jogja.

Selain Geplak, ada juga beberapa aneka masakan dan juga jajan lain yang memiliki rasa “manis” disini. Sebenarnya rasa manis ini dihubungkan dengan lidah orang – orang sekitar yang memang suka dan lebih suka dengan rasa yang manis. Begitu juga dengan makanan dari bantul lainnya. Untuk Geplak khas dari Mbok Tumpuk ini memang memiliki rasa menis, bentuknya bulat seperti kepalan kecil, agak padat, namun pada saat anda kunyak akan benar – benar terasa sangat mebut dan ada juga serat dari hasil parutan kepalanya dan yang pastinya rasa manis dari geplak akan langsung memenuhi mulut anda. Yang perlu diketahui juga, rasa manis yang didapatkan dari geplak ini berasal dari gula pasir dan gula jawa bukan pemanis.  

Proses Pembuatan Geplak

whatsapp-image-2016-09-23-at-7-17-25-am

PHOTO williamwongso

whatsapp-image-2016-09-23-at-7-19-17-am

PHOTO williamwongso

Untuk proses pembuatan geplak ini sendiri sebenarnya membutuhkan waktu yang lama lebih kurang adalah 4 jam sehingga anda bisa mendapatkan rasa manis legit. Untuk proses awal pembuatan geplak adalah anda harus memarut kepala yang sudah bersih. Lalu anda bisa memerasnya dan ambil santannya saja. Selanjutnya kelapa yang sudah diparut ini tadi dimasak bersamaan dengan tanpan dan ditambahkan dengan gula pasir. Nah selama proses memasak adonan ini, anda harus mengaduk hingga adonan tidak gosong. Setelah tercampur secara rata, jangan lupa untuk memberikan aroma makanan yang selanjutnya bisa anda bentuk bulat adonan. Setelah dingin, geplak bisa anda bungkus dengan “besek”. Dalam satu besek biasanya berisi beberapa warna geplak sehingga sangat menarik dan membuat orang penasaran untuk memakan oleh – oleh ini.

Toko geplak yang berada di bantul ini memang sudah dikenal lama akan menjamin kualitas dan juga keasliannya. Selain itu, jaminan dari rasanya juga terjamin. Bahkan tidak ada toko cabangnya, sehingga tak heran jika ada banyak sekali orang yang langsung datang ke toko ini untuk membeli geplak.

Untuk geplak sendiri sebenarnya dijual dalam bentuk kiloan, dan sudah dikemas dalam ayaman bambu. Dalam satu kemasan kecil geplak biasanya berisi sekitr 0.5 kg ini dihargai dengan IDR 15k. Sedangkan untuk yang satu kilonya IDR 30k. Dengan harga yang masih tergolong murah ini, anda sudah bisa mendapatkan oleh – oleh khas dari bantul, jogja yang sangat legendaris ini. Jadi saat liburan dan wisata jogja, jangan hanya wisata alam dan budaya, ada juga bisa wisata kuliner dengan mencicipi geplak asli bantul, jogja.