Home / Istana Megah Ratu Boko Di Atas Bukit

Istana Megah Ratu Boko Di Atas Bukit

sunset-candi-boko

Jika anda sedang liburan ke Jogja tanpa membawa kendaraan, maka anda bisa rental motor jogja dan rental mobil jogja. Cara ini bisa anda lakukan untuk menghemat biaya liburan jika anda menggunakan kendaraan umum, terutama jika anda liburan bersama dengan keluarga. Untuk pilihan destinasi wisatanya ada sangat banyak beberapa paket wisata jogja biasaya menawarkan banyak destinasi , jika anda berencana menggunakan jasa ini usahakan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Nah jika anda sedang liburan ke kawasan Candi Prambanan maka anda biasanya akan ditawarkan oleh beberapa paket tur jogyauntuk tiket terusan menuju ke komplek Istana Ratu Boko. Letak dari istana ini sebenarnya hanya berjarak 10 menit ke arah selatan jika anda melewati pasar prambanan saat menuju ke Piyungan. Untuk menuju ke kawasan ini anda bisa mengaksesnya dengan sewaan motor atau mobil atau jenis kendaraan apapun. Walaupun Istana ini tidak terlalu dikenal sebelum film AADC 2, tapi istana ini memiliki banyak sekali keunikan dan juga bangunan yang megah. Dimana hal ini bisa menjadi salah satu bukti jika masyarakat zaman dahulu memang sudah mengenal arsitektur.

Istana yang berada di kawasan Bukit Boko ini berada di atas ketinggian 195.75 dpl dengan luasnya kurang lebih 160.898 M2. Disini anda bisa menemukan banyak peninggalan benda arkelogi seperti gapura istana, ruang untuk pembakaran, Pemandian serta beberapa arca. Yang membuatnya terlihat unik, ada beberapa situs candi melingkari bagian dari istana mulai dari sisi bara hingga barat bukit. Beberapa candi in adalah Candi Ijo, Baron dan Miri. Jika dilihat secara arkeologi pada dasarnya Istana Ratu Boko ini dibagi atas dua bagian, yakni istana bukit barat dan timur.

Untuk bisa mencapai ke Istana Ratu Boko sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi jika anda memulainya dari Solo atau kelaten. Yang terpenting anda harus memastikan sudah sampai ke Candi Prambanan, lalu menuju pasar prambanan. Setelahnya berjalan 6 menit dan melihat petunjuk arah parkir candi boko maka anda sudah sampai. Begitu juga jika anda datang dari Jogja, anda harus menuju ke Prambanan hingga sampai ke piyungan dan anda bisa langsung melewati berubah.

Namun, salah satu jalan alternatif untuk anda yang igin langusng menuju peucang istana adalah ketika petualang memilih parkir dibagian bawa maka anda harus berjalan dengan menaiki tangga. Tapi ada juga jalan alternatif yang bisa anda lalui dengan menggunakan motor. Untuk sederhananya, jika anda sudah berada di tempat parkiran utama di bagian utara candi yang dekat dengan jalan, anda jangan terburu – buru untuk memakirkan kendaraa. Jalan alternatifnya sangat dekat, silakan untuk berjalan ke arah barat dengan jarak 1 km dengan melewati bukit. Kemudian anda bisa belok kekiri yang berada langusng dengan samping sitana ratu boko. Nah jalanan disini memang agak sempit karena sebenarnya jalanan ini adalah jalanan desa. Dengan jarak sekitar 5 hingga 10 menit maka anda bisa langsung berada di tempat parkir yang ada diatas bukit istana ratu boko. Anda juga tidak harus berjalan melewati tangga – tangganya.

Nah untuk tiket menuju ke Istana ratu boko ini sebenarnya cukup tergolong murah, setiap orang yang mengunjungi ini hanya membayar sekitar IDR 25k untuk dewasa, dan IDR 10k untuk anak – anak dan ini belum termasuk biaya parkir. Setelah membeli iket anda bisa masuk dengan tenang. Baru beberapa langkah dari arah istana, anda akan sudah menyaksikan nuasan indah dari sisi kanan jalanannya. Ada juga taman yang sangat rindang untuk anda istirahat dan duduk. Seteleh itu anda akan melewatu gapuro dari istana yang menjadi salah satu tempat terbaik untuk anda berfoto bersama dengan sahabat, teman atau keluarga yang ikut berlibur. Sedangkan bagian kirinya terdapat beberapa bangunan dengan bentuk balok yang menurut sejarahnya adalah tempat pebakaran. Seperti yang diketahui bersama candi ini memiliki bentuk bujur sangar dan memiliki 2 buah teras. Dan sesuai dengan namanya candi inii digunakan untuk pembakaran jenasah. Selain itu, ada candi lain di sebuah baru berupak dari kolam yang ada di bagaian sisi timur candi pembakaran.

Nah, perjalanan selanjutnya adalah menuju ke Keputren, sebelumnya anda akan melewati paseaban dengan 2 batur, menurut para ahli kedunya ini saling berhadapan tapi belum diketahui zaman dulu kedunya ini di fungsikan untuk apa. Lalu dilanjurkan ke pendopo istana ratu boko. Bagian kaki dan atapnya dikelilingi oleh batu keras, sedangkan bagian badan dindinganya terbuat dari patih putih. Dan pada bagian dalam pagarnya dikelilingi oleh dua buah batur, yang mana keduanya ini dihubungkan dengan selasar yang terdiri dari batuan adesit.  Pada bagian atas batur terdapat 24 umpak yang mana umpak ini diperkirakan oleh para ahli digunakan untuk landasan tiang penyanggah yang terbuat dari kayu.  Lalu perjalanana dna akan berlanjur ke keputren. Jika masih belum ada yang tahu sebenarnya keputren ini adalah tempat pemandian bagi keluarga dari raja, ada aturan yang harus anda lakukan saat akan masuk. Kedudukannya yang berada diatas bukit membuatnya menjadi sumber mata air yang bisa memenuhi kehidupan warga setempat. Kolam pemandian ini merupakan salah satu peninggalan dalam sejarahnya. Jika anda berjalan menuju ke ujung istana maka anda akan menemukan banyak reruntuhan yang sangat menakjubkan dan indah. Ada beberapa reruntuhan yang masih dikembalikan pada bentuknya semula, ada juga yang tidak terurus. Walaupun demikian Istana ratu boko menjadi salah satu wisata jogja yang sangat sayang jika anda lewatkan begitu saja.