Home / Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko

Candi Boko

Siapa yang saat ini tidak kenal dengan Istana Ratu Boko. Sebuah candi berbentuk istana yang keindahannya diabadikan dalam salah satu scene di AADC. Keindahan dan kemegahan Istana Ratu Boko ini memang patut untuk diabadikan, karena ada banyak sekali tempat-tempat menarik yang ada di lokasi ini, yang patut untuk dijelajahi. Selain itu keindahan tempat ini tidak hanya dapat terpuaskan dengan kata luar biasa.

Walaupun bangunan Istana Ratu Boko ini sudah banyak yang runtuh, namun tetap beberapa puing dan sisa bangunan memberikan desain mendalam bagaimana agungnya tempat tersebut pada saat bangunan tersebut berdiri.  Bangunan ini sendiri berdiri di atas lahan seluas 250.000 m2, dan dibagi menjadi 4 bagian, yaitu bagian barat, tengah, timur dan tenggara. Pada bagian tengah terdapat gapura utama dengan beberapa bagian seperti lapangan, kolam, batu berundak, pembakaran, dll.  Koordinat -7.7705416,110.4872271 ato klik maps Istana Ratu Boko

Sunset menawan

Berbicara tentang Istana Ratu Boko ini seakan tidak ada habisnya, ada banyak sekali pemandangan menarik dan dapat Anda nikmati di tempat ini, seperti beberapa sendang, dan yang tidak kalah menarik adalah pemandangan matahari terbenam atau sunset di kawasan ini. Anda dapat mengabadikan momen ini di beberapa spot. Salah satunya adalah di pintu gerbang utama Istana Ratu Boko ini. Sudah banyak fotografer yang mengabadikan momen menakjubkan ini.

Pemandangan indah dari Istana Ratu Boko ini ternyata dilirik oleh sutradara muda berbakat Riri Reza, dalam salah satu film yang sedang digarapnya kala itu, AADC 2. Dimana Istana Ratu Boko ini dijadikan salah satu scene dimana Rangga dan Cinta tengah menikmati masa lalunya di kawasan tersebut. Dalam scene tersebut Rangga dan Cinta tengah berbicara satu dengan yang lain, di salah satu reruntuhan Istana Ratu Boko, sambil menikmati pemandangan di kawasan tersebut. Riri Reza memang sengaja mengangkat Jogja dari sudut lain, untuk memunculkan tentang keberagaman dan keindahan Jogja.

Apabila Anda ingin mendapatkan moment tidak terlupakan di Istana Ratu Boko ini, tidak ada salahnya jika Anda memilih salah satupaket wisata Jogja yang menampilkan Istana Ratu Boko di dalam paket tur Jogja tersebut. Atau Anda dapat meminta pihak tour and travel tersebut untuk memasukkan agenda mengunjungi kawasan Istana Ratu Boko tersebut ke dalam paket tour tersebut.

Akses menuju Istana ratu boko

Anda yang ingin mengunjungi Istana Ratu Boko ini, dapat menggunakan jalur Stasiun Tugu. Ini adalah jalan yang paling dekat menuju Istana megah tersebut. Istana ini sendiri berdiri berdekatan dengan Candi Prambanan, jaraknya hanya sekitar 3 km. Sedangkan dari Stasiun Tugu jaraknya sekitar 18 km. Apabila Anda menggunakan angkutan umum menuju Istana Ratu Boko, Anda dapat menggunakan bus Trans Jogja Malioboro, kemudian menggunakan angkot, selanjutnya dilanjutkan dengan  ojek. Jika Anda ingin lebih cepat, dan praktis, sebaiknya rental mobil Jogja atau rental motor Jogja. Cara seperti ini lebih praktis, dan juga lebih cepat. Selain itu dengan rental seperti ini, Anda juga dapat melakukan wisata Jogya ke beberapa tempat lainnya yang ada di kawasan Jogja.

Tips ketika Anda mengunjungi kawasan ini, sebaiknya mengunjungi kawasan ini dari siang menjelang sore, dengan demikian Anda dapat lebih leluasa menjelajahi kawasan ini dengan baik, tanpa khawatir tersengat matahari. Karena di kawasan ini minim pepohonan itu sebabnya udara di kawasan ini cukup panas. Cara mengatasinya Anda dapat menggunakan sun block atau topi yang cukup besar. Menjelang sore siapkan kamera Anda, dan cari titik cantik untuk mengabaikan sunset di Istana Ratu Boko ini. Pastinya ini akan menjadi oleh-oleh yang  tidak ada duanya!