Home / Kalibiru

Kalibiru

Hamparan Hutan dari Atas Kalibiru

sunset-kalibiru

Kalibiru adalah salah satu kawasan hutan wisata yang dikelola oleh masyarakat setempatnya. Kawasan ini sudah dilengkapi dengan jalur untuk trekking, homestay, camping ground, gardu pandang hingga fasilitas untuk outbound juga sudah tersedia. Dari kawasan ini anda bisa menyaksikan pemandangan dari bukit menoreh yang memiliki pemandangan hijauh dengan panorama dari waduk sermo.

Kalibiru bisa dikatakan salah satu alternatif lain wisata jogja yang bisa anda kunjungi. Selama ini kabupaten Kulonprogo tempat kalibiru ini berada memang bukan menjadi salah satu destinasi kunjungan utama untuk wisatawan. Bahkan paket tur jogja juga masih sangat jarang bahkan idak ada. Padahal pada kenyataannya kabupaten yang letaknya berbatasan langsung dengan Provinsi dari Jawa Tengah ini memiliki pesona alam yang sangat indah dan tak kalah menarik dengan wilayah dari Yogyakarta lainnya. Kabupaten ini sangat kaya akan wisata budaya, alam dan juga sejarah. Selain itu, ada juga gua dan pantai serta wisata lain yang saat sekarang ini sangat populer. Dan salah satu wisatanya yang saat ini masuk dalam list paket wisata jogja adalah hutam wisata kalibiru.

Letaknya yang berada di kawasan perbukitan manoreh ini, membuat kawasan kalibiru memiliki suhu yang sangat sejuk dan udara yang sangat segar sehingga akan sangat cocok jika anda jadikan sebagai salah satu tempat untuk liburna bersama dengan keluarga, sahabat ataupun teman. Sebenarnya kalibiru adalah hutan yang dimiliki pemerintahm tapi saat ini gutan ini dikelolah oleh masyarakat dan dikembangkan menjadi salah satu wisata alam dan juga wisata edukasi untuk traveller yang datang. Yang menjadi sajian utama dari tempat ini adalah karena memiliki jalur trekking dengan pemandangan yang sangat menawan. Untuk anda yang sangat penat dengan hidupan kota sebenarnya bisa berjalan – jalan menuju ke hutan kalibiru untuk bisa menikmati pemandangan dan kesegaran dari hutan dan juga bisa mendengarkan anegka cuitan burung serta serik serangga.

Kawasan kalibiru juga sudah dilengkapi dengan area parkir yang sangat luas sehingga untuk anda yang rental motor jogja dan rental mobil jogja tidak perlu untuk khawatir , ada beberapa kios makanan, fasilitas mck, ada pendopo, ada juga homestay, camping ground dan ada juga fasilitas outbond. Untuk homestay atau pondok wisata yang ada di kalibiru hingga saat ini ada sekitar 6 dan masing – masing dari tempat ini bisa menampung 10 hingga 15 orang. Untuk harga yang ditawarkan sendiri juga sangat murah mulai dari Rp 120.000 per malamnya untuk satu pondok. Saat ini kalibiru sering dijadikan sebagai salah satu tempat untuk melakukan pertemuan, gathering hingga retreat maka anda bisa menikmatinya dengan sangat nyaman. Selain itu, disini juga sudah ada banyak permainan yang cukup menyengkan seperti flying fox dan ada juga permainan lainnya bisa dimainkan untuk anak – anak dan juga orang dewasa.

Objek wisata kalibiru pada awalanya menjadi sangat popular pada saat foto dari tempat ini muncul dari akun media sosila salah satu selebriti. Dalam foto ini, seseorang seperti berada dia ats menara pandang yang ada diatas sebuah pohon dengan takar belakang pemandangan dari Wadu Sermo dan juga kawasan menoreh. Karena foto inilah akhirnya kalibiru menjadi salah satu tempat wisata yang tiba – tiba banyak dikunjungi oleh traveller. Menara pandangan ini sebenarnya adalah salah satu tempat start dan juga tempat finish dai wahana outbond yang tersedia di kalibiru. Karena situasi ini, akhirnya saat ini, menara pandang lebih sering digunakan sebagai salah satu tempat untuk berfoto beberapa orang yang datang.

Karena letakknya yang berada diatas pohon, Traveller yang ingin mengabadikan foto di menara padang harus manaiki anak tangga. Karena itu untuk membuatnya aman harus ada penjaga yang akan membantu anda. Tentu saja ini bertujuan untuk kenyamanan dan juga keselamatan anda. Tapi setiap pengunjung yang ingin mengabadikan foto di tempat ini diharapkan untuk membayarkan biaya tambahan sebesar kurang lebih Rp 10k

Selain ada menara pandangan yang berada di atas pohon, di Kalibiru juga ada beberapa gardu pandang yang bisa di capai dengan cara trekking dan menyusuri jalanan setapak yang sudah di cor. Sehingga akan jauh lebih aman. Gardu pandang ini tersebar di beberapa tempat dengan pemandangan utamanya juga adalah wadu sermo. Pada saat pagi hari jika beruntung anda bisa menyaksikan sermp yang ditutupi dengan kabut, sedangkan pada saat senja anda akan melihat pemandangan mentari yang terbenap di bagian barat dan menutup dengan sempurna hari anda.

Nah, jika anda berencana untuk datang ke kawasan Hutan Wisata Kalibiru anda beberapa options. Hutan wisata kalibiru ini terletak di kawasan Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo. Jaraknya dari Yogyakarta hanya sekitar 40 km saja. Selain itu, lokasi ini sebenarnya tidak terlalu jauh untuk anda yang ingin menuju objek wisata waduk sermo. Tapi yang harus anda perhatikan, rute untuk menuju ke kalibiru memang cukup menanjak, jadi sangat disarankan untuk anda menggunakan kenadaraan ber cc yang besar saat merental atau menggunakan kendaraan pribadi. Untuk wisatwan yang ingin menikmati keindahan dan juga keheningan alamnya dari kalibitu ini maka anda bisa membayar tiket masuk sekitr IDR 3k untuk perorang. Tapi jika anda menggunakan kendaraan, maka biaya tambahannya untuk parkit motor IDR 2k per kendaraan. Dan untuk mobil IDR 5k per kendaraan.