Home / Kerajinan perak

Kerajinan perak

Kerajinan Perak Kotagede, Cindera Mata Khas Jogjakarta

perak-jogja

Setiap kali berkunjung ke lokasi baru akan terasa hambar tanpa mendokumentasikan kegiatan yang sedang Anda lakukan disana atau pulang tanpa membawa cindera mata khas daerah bersangkutan. Dengan begitu, setiap kali Anda melihat cindera mata tersebut, Anda akan langsung teringat memory yang telah Anda lalui di lokasi itu. Anda akan lebih muda mengingat momen-momen penting disana dan juga mengingat keindahan di lokasi yang telah Anda kunjungi.

Salah satu  provinsi yang tidak ada matinya jika dibahas adalah provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Provinsi ini sangat potensial dalam aspek apapun termasuk aspek wisata. Paket tur Jogja atau paket wisata Jogja banyak ditawarkan sebagai respon dari tingginya animo masyarakat untuk mengunjungi kota sejuta budaya ini. Meski telah berkali-kali berkunjung ke Jogja, Jogja tetap istimewa, selalu menarik dan memikat siapa saja.

Jogjakarta juga terkenal dengan para pekerja kreatifnya, tidak hanya seniman dalam dunia akademik yang banyak mengisi media massa tetapi juga seniman yang mampu membuat kerajinan tertentu dalam bidang industri kecil atau menengah. Salah satu yang popular adalah kerajinan perak Kotagede yang akan kita bahas lebih jauh  pada kesempatan kali ini.

Di lapangan, harga kerajinan perak tergolong mahal. Meski begitu pernahkah Anda bertanya mengapa ini relatif mahal? Jawabannya adalah karena harga bijih perak sebagai bahan dasarya sudah mahal. Selain itu, alasan lain adalah sulitnya proses pembuatan kerajinan kecuali oleh para professional. Rumitnya cara pembuatan kerajinan perak akan Anda lihat seperti ditunjukkan pada beberapa tahap berikut ini.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melebur biji perak lalu mencetaknya. Jika kali ini Anda akan membuat gelang, tebal tipisnya plat perak yang dipakai disesuaikan dengan keinginan dan juga desain yang akan Anda buat. Jika kerajinan yang dimaksud bermotif sederhana, maka pola bisa langsung dibuat di plat sedangkan jika motif atau desain yang diinginkan cukup rumit, Anda bisa mendesainnya terlebih dahulu di kertas.
  2. Proses kedua adalah proses pengukiran. Proses ini memakai papan yang telah dilapisi dengan getah pohon galo sebagai alasnya. Fungsinya adalah agar proses pengukiran tidak merusak bahan dasarnya sekaligus membuat plat menempel pada papan. Proses ini melewati dua tahap, pertama Anda harus mengukir bagian bawah menggunakan pengukir yang tumpul sedangkan pengukiran bagian atas bisa dilakukan setelahnya. Fungsinya adalah untuk lebih menonjolkan motif yang diinginkan. Agar motif terlihat lebih jelas maka proses ukir bisa diulangi kembali
  3. Tahap ketiga adalah tahap finishing. Pada proses penyelesaian, kerajinan yang sudah jadi direndam dalam cairan asam sulfat lalu diampelas. Warna perak bisa dimunculkan jika Anda mencuci kerajinan tersebut dengan buah lerak. Buah ini dalam dunia kerajinan perak juga berfungsi sebagai pengganti sabun sebab dapat mengeluarkan busa.

Kurang lebih seperti itulah cara pembuatan kerajinan perak yang banyak di produksi di Kotagede. Nah, pernahkah Anda bertanya bagaimana Kotagede bisa menjadi sentra pengrajin perak yang sangat popular dengan permintaan hingga ke mancanegara? Padahal jika ditilik lebih jauh kita tidak akan menemukan lokasi tambang perak, pabrik peleburan biji perak dan juga para pendulang perak. Usut punya usut dahulu Kotagede menjadi lokasi para abdi dalem kriya Kotagede yang meminta untuk dibuatkan pernik-pernik khas warga keraton baik itu sebagai hiasan maupun untuk kebutuhan keluarga kerajaan. Semakin hari para pengrajin semakin mahir karena banyaknya permintaan dari pihak keraton. Bisa dibilang, biji perak yang biasa akan disulap menjadi mahakarya dengan harga jutaan rupiah oleh para pengrajin perak Kotagede.  

Selama berkunjung di Kotagede, Anda akan sangat mudah menemukan pengrajin perak. Toko-toko kerajinan perak membentang sepanjang jalan dari pasar hingga Masjid Agung juga sampai di gedung yang dahulunya adalah Istana Mataram Islam. Di Kota ini banyak sekali pengrajin dan juga koperasi kerajian perak yang memiliki ribuan koleksi hasil sentuhan pengrajin Kotagede.

Ciri yang sangat menonjol dari kerajinan perak Kotagede adalah warna pada masing-masing kerajinan yang kontras sebab merupakan perpaduan antara warna putih yang bersih dan warna hitam. Bentuk kerajinanpun sangat beragam mulai dari mangkok teh, kalung, gelang, cincin, hiasan dinding, liontin dan lain sebagainya. Untuk harga cukup relatif tergantung dari barang yang Anda pesan. Pastinya, kunjungan Anda ke Kotagede akan menjadi salah satu tujuan wisata Jogja yang tidak terlupakan. Disini Anda akan dimanjakan dengan berbagai cindera mata yang unik dan menarik khas Daerah istimewa Jogjakarta.

Liburan akhir tahun Anda bersama keluarga akan lebih mengena jika Anda memilih paket tur Jogja sebagai lokasi tujuan. Setelah Anda selesai berwisata di beberapa situs peninggalan sejarah, menikmati rupa-rupa kebudayaan dan mengunjungi tempat wisata yang alami di kota ini, Anda bisa menikmati gudeg Jogja sekaligus berkunjung ke Kerajinan perak Kotagede untuk membeli cindera mata yang unik dan lucu. Jika Anda memilih untuk berangkat bersama teman-teman kantor dengan gaya backpacker, Anda bisa menyewa kendaraan untuk berkeliling Kotagede. Di Jogja banyak tersedia rental motor Jogja yang dibandrol dengan harga relatif murah setiap kali sewa. Anda juga akan merasa puas dengan fasilitas yang diberikan seperti layanan antar jemput kendaraan, 2 helm dan 2 rain coat cocok untuk Anda dan pasangan, serta kondisi kendaraan yang bersih terawat. Namun jika Anda datang ke Jogja beramai-ramai tanpa membawa kendaraan pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan jasa rental mobil Jogja yang dibandrol dengan harga cukup murah yaitu sekitaran 300.000 rupiah. Anda sekeluarga akan merasakan serunya berlibur ke Jogja karena Jogja memang istimewa.