Home / Pantai glagah

Pantai glagah

LAGUNA DAN TETRAPOD DI PANTAI GLAGAH

pantai-glagah

Jika anda merasa jenuh dengan rutinitas harian anda, ada baiknya anda merencanakan waktu untuk berlibur. Baik bersama keluarga, bersama pasangan, ataupun bersama sahabat – sahabat anda. Tak perlu khawatir dengan budget yang akan membengkak. Indonesia memiliki banyak tempat wisata murah namun tetap menarik .

Ya, terkadang kita memang harus menyediakan waktu untuk berlibur agar perasaan kita menjadi lebih bahagia. Pikiranpun akan menjadi lebih rileks. Dengan demikian Kita akan kembali menjalani rutinitas sehari – hari dengan lebih semangat. Karena itu, yukmulai agendakan liburan kita.

Nah, jika anda mencari tujuan travelling yang unik namun tetap sesuai budget, kunjungi saja Jogjakarta. Jogjakarta memang terkenal akan lokasi – lokasi wisata yang unik dan indah. Dari mulai candi hingga pantai. Untuk candi, di Jogja terdapat beberapa candi yang bisa dikunjungi sebagai obyek wisata. Sebut saja Candi Prambanan, Candi Ijo, dan Candi Ratu Boko. Sedangkan untuk pantai, ada Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, dan juga Pantai Glagah.

Untuk nama pantai yang terakhir mungkin masih sedikit asing di telinga anda. Pantai Glagah. Ya, pantai yang satu ini tidak kalah menariknya dengan pantai – pantai lain di sekitar Jogjakarta. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Pantai Glagah mari kita baca ulasan berikut ini.

Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di Kecamatan Temon,  Kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Belakangan, pantai yang dipenuhi hamparan pasir besi ini banyak diminati oleh para traveller. Baik lokal  maupun mancanegara.

Daya tarik Pantai Glagah sangat banyak, dari mulai bentuk pantainya yang snagat luas dan terhampar tanpa ada penghalang, hingga adanya laguna yang menawarkan berbagai jenis kegiatan air. Ditambah lagi adanya area motocross yang biasa digunakan para atlet untuk berlatih. Tentu merupakan nilai tambah bagi pantai yang teerdapat di ujung barat kota gudeg ini.

Laguna di Pantai Glagah ini menyediakan cukup banyak permainan air yang bisa anda coba. Antara lain kano, perahu motor dan sepeda air. Untuk menyewa kano atau sepeda air  anda hanya perlu merogoh kantong sebesar 25 ribu rupiah untuk 1 jam. Sedangkan untuk naik perahu motor, anda akan ditarik biaya sebesar 5000 rupiah saja.

Bagi anda para traveller yang suka menjajal ATV, disini juga tersedia ATV yang bisa anda sewa. Anda dipersilahkan menggunakan ATV unutk menyusuri pantai dan gundukan – gundukan pasir yang ada di sepanjang Pantai Glagah. Tentu akan menjadi pengalaman yang sangat seru.

Anda juga dapat memancing atau sekedar berenang dan bermain air di laguna ini. Pantai Glagah juga memiliki perkebunan buah naga serta bunga rosela. Anda dapat langsung menikmati olahan hasil kebun tersebut, seperti jus buah naga ataupun teh bunga rosela.

Pantai Glagah sangat cocok bagi anda para traveller yang berpergian bersama dengan anggota keluarga yang masih kecil. Karena disini terdapat kolam renang anak – anak yang bisa merek nikmati dengan aman.

Daya tarik lain dari Pantai Glagah adalah adanya beton pemecah ombak berbentuk tetrapod. Ya, ombak di Pantai Glagah memang sangat besar dan merupakan ombak balik yang kuat.  Itulah kenapa ditempatkan pemecah – pemecah ombak di Pantai Glagah.  Para pengunjungpun dilarang berenang di Pantai Glagah.

Keberadaan pemecah ombak di bagian kanan dan kiri dermaga  ini ternyata justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveller. Mereka tampak senang berdiri dan mengambil foto dekat dengan pemecah ombak tersebut, sambil sesekali merasakan cipratan dari ombak.Para pemancing juga betah berlama – lama menghabiskan waktunya di Pantai Glagah ini. Biasanya mereka akan duduk di atas tetrapod – tetrapod pemecah ombak tersebut.

Kegiatan yang anda lakukan di Pantai Glagah seharian rasanya tak lengkap jika anda tidak menyaksikan sunset yang cantik dari pantai ini. Cahaya keemasan dari matahari yang telah tenggelam akan tampak semakin cantik saat menyusup melalui sela – sela beton pemecah ombak. Jika anda terlalu lelah setelah menghabiskan waktu seharina di Pantai Glagah dan memutuskan untuk bermalam, terdapat beberapa penginapan yang sudah tersedia di sekitar Pantai Glagah. Harganyapun terjangkau. Ya, wisata Jogjamemang terkenal murah namun tetap berkesan.

Menuju Pantai Glagah

Untuk mencapai pantai yang terletak sekitar 1, 5 jam dari pusat kota Jogjakarta ini, ada 2 rute yang bisa anda tempuh. Rute pertama ialah Jogjakarta – Jalan bantul – lampu Palbapang belok kanan – Jalan Srandakan – lampu merah belok kiri. Sedangkan rute kedua melalui jalan wates – Sentolo – Jalan raya wates Purworejo – belok kiri mengikuti plang arah Pantai Glagah.

Sebagai informasi, letak Pantai Glagah berdekatan dengan beberapa pantai lain yang tak kalah indahnya. Salahs atunya adalah pantai Congot. Jika anda tidak memiliki kendaraan sendiri, ada baiknya anda menyewa kendaraan melalui rental mobil Jogja atau rental motor Jogja. Dengan demikian anda dapat lebih leluasa untuk mengunjungi pantai dan lokasi wisata lain yang ada di daerah Kulon Progo

Semakin meningkatnya minat traveller akan lokasi wisata Pantai Glagah ini membuat beberapa travel memasukkan Pantai Glagah ke dalam paket tur Jogja. Paket wisata Jogja khusus pantai Glagah menawarkan berbagai aktifitas yang dapat anda lakukan di pantai unik tersebut.

Itulah sedikit gambaran mengenai keindahan Pantai Glagah di Jogjakarta dan juga uraian rute menuju ke Pantai Glagah. Semoga dapat membantu anda para traveller yang penasaran dengan keindahan Pantai Glagah.