Home / Pantai pok tunggal

Pantai pok tunggal

PANTAI POK TUNGGAL: SURGA TERSEMBUNYI DI JOGJAKARTA

pok-tunggal

Anda semua tentu senang travelling, bukan? Mengunjungi berbagai lokasi wisata baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Menemukan pengalaman –  pengalaman  baru. Pergi sejenak dari rutinitas anda sehari – hari.

Ya, terkadang kita memang harus menyediakan sedikit waktu untuk berlibur agar pikiran menjadi lebih rileks. Perasaanpun akan menjadi lebih bahagia. Kita akan kembali menjalani rutinitas sehari – hari dengan lebih semangat. Karena itu, yuk mulai agendakan liburan kita.

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan lokasi – lokasi wisata eksotik. Salah satu tempat yang terkenal akan banyaknya lokasi wisata adalah kota Yogyakarta. Ada banyak sekali lokasi wisata di kota gudeg ini. Salah satu yang menjadi tujuan para traveller ialah pantai – pantai indah yang ada di daerah Gunungkidul.

Daerah Gunungkidul memang memiliki beberapa pantai yang sangat indah. Salah satunya ialah Pantai Pok Tunggal. Seperti apa sih Pantai Pok Tunggal? Bagaimana cara mencapai pantai tersebut? Nah, mari kita baca ulasan berikut.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Belakangan, pantai yang memiliki pasir berwarna putih ini banyak diminati oleh para traveller baik lokal  maupun mancanegara. Dibuka sebagai obyek wisata sejak tahun 2012, jumlah traveller yang mengunjungi pantai inipun meningkat setiap tahunnya.

Nama Pok Tunggal sendiri lahir karena keunikan yang ada di pantai tersebut. Ya, jika kita mengunjungi Pantai Pok Tunggal memang ada salah satu hal yang cukup unik, yaitu keberadaan 1 pohon Duras. “Pok” berasal dari kata Pokok yang artinya pohon. Sedangkan “tunggal” tentu karena jumlah pohonnya yang hanya ada 1 saja.

Warga setempat sangat menjaga keasrian lokasi ini, termasuk pohon yang menjadi asal usul nama Pantai Pok Tunggal. Warga tak akan segan – segan menegur traveller yang berniat memanjat pohon tersebut. Bahkan warga akan mengenakan denda bagi traveller yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Keunikan Pantai Pok Tunggal selain adanya pohon Duras di bibir pantai, ialah adanya barisan tebing karang dengan tinggi sekitar 50 meter.Keberadaan tebing karang ini seolah – olah memisahkan Pantai Pok Tunggal dari hiruk pikuk dunia luar. Ditambah lagi dengan masih adanya monyet – monyet liar yang melompat di tebing tersebut.

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal dapat dikatakan cukup lengkap. Toilet umum telah tersedia dan dapat anda gunakan dengan membayar 2000 – 3000 rupiah saja. Oh iya, air di toilet – toilet umum ini berasal dari aliran sungai bawah tanah Pantai Pok Tunggal loh. Keberadaan mata air tawar di Pantai Pok Tunggal, tentu makin menambah keunikan pantai ini.

Andapun dapat menyewa payung pantai agar dapat bersantai menikmati alam Pantai Pok Tunggal dengan harga sewa yang terbilang murah. Yaitu sekitar 25 ribu rupiah. Anda juga dapat berenang di bibir pantai dengan tenang, karena ombak di Pantai Pok Tunggal ini tergolong cukup bersahabat. Walaupun terletak di  deretan pnatai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar, namun pasir yang landai di Pantai Pok Tunggal ini membuat ombak menjadi lebih tenang.

Jika anda ingin bermalam, warga setempat juga menyewakan tenda dome yang bisa anda sewa hanya dengan biaya 65 ribu rupiah saja. Atau anda juga bisa memanfaatkan beberapa penginapan yang sudah tersedia di sekitar Pantai Pok Tunggal. Harganyapun terjangkau. Ya, wisata Jogja memang terkenal murah namun tetap menyenangkan.

Menuju Pantai Pok Tunggal

Untuk mencapai pantai yang terletak sekitar 2 jam dari pusat kota Yogyakarta ini, ada 2 rute yang bisa anda tempuh. Rute pertama ialah Jogjakarta – Piyungan – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jalan ingkar selatan – jalan KRT Djojodiningrat – Jalan Girisubo – Wonosari – tepus – Pantai Pok Tunggal. Rute Kedua melalui Imogiri – Panggang – Jalan Saptosari – Tepus – arah Pantai Baron – belok kiri menuju Pantai Indrayanti – ikut papan petunjuk menuju Pantai Pok Tunggal

namun sekitar satu kilometer sebelum mencapai pantai anda akan menemui jalan berbatu.

Sebagai informasi, letak Pantai Pok Tunggal berdekatan dengan beberapa pantai lain yang tak kalah indahnya. Sebut saja pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Jika anda tidak memiliki kendaraan sendiri, ada baiknya anda menyewa kendaraan melalui rental mobil Jogja atau rental motor Jogja. Dengan demikian anda dapat lebih leluasa untuk mengunjungi berbagai lokasi wisata pantai yang ada di daerah Gunungkidul.

Namun jika anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum, anda dapat menggunakan bus dari terminal Giwangan. Sampai saat ini belum ada kendaraan umum yang langsung menuju Pantai Pok Tunggal. Jadi anda terpaksa turun di Terminal Wonosari dan melanjutkan sisa perjalanan menggunakan ojek. Ongkos bus dari terminal Giwangan menuju terminal Wonosari sebesar 6.000 rupiah. Sedangkan untuk ojeknya anda bisa melakukan tawar menawar terlebih dahulu. Sebagai patokan, ongkosnya ialah sekitar 20 ribu hingga 25 ribu rupiah.

Semakin meningkatnya minat traveller akan lokasi wisata Pantai Pok Tunggal ini membuat beberapa travel memasukkan Pantai Pok Tunggal ke dalam paket tur Jogja. Paket wisata Jogja yang menawarkan kunjungan ke Pantai Pok Tunggal, biasanya juga sekaligus menawarkan kunjungan ke pantai Indrayanti dan Goa Pindul. Harga Paket Wisata alam Jogja tersebut berkisar antara 450 ribu rupiah. Sudah termasuk transportasi, tiket masuk obyek wisata, makan siang, dan sewa perlengkapan untuk di Gua Pindul.

Itulah sedikit gambaran mengenai keindahan Pantai Pok Tunggal di Jogjakarta dan juga uraian rute menuju ke Pantai Pok Tunggal. Semoga dapat membantu anda para traveller yang penasaran dengan keindahan Pantai Pok Tunggal.