Home / Puncak Kosakora

Puncak Kosakora

Menikmati Jogja dengan Tersembunyi

puncak-kosakora

Jogja sudah lama menjadi salah satu primadona travelling bagi penduduk domestik maupun luar negeri. Dengan luas yang kurang dari 3.200 km2, Jogja menawarkan ribuan destinasi menarik bagi para traveller. Mulai dari wisata gunung merapi, kebudayaan, candi, hingga pantai. Selain karena banyaknya tempat wisata Jogja yang dapat dikunjungi, banyak traveller juga mengakui bahwapaket wisata Jogja tergolong murah dan ramah terhadap anda yang ingin wisata dengan backpacker (budget menyesuaikan tergantung anda sendiri). Hal ini dikarenakan ongkos rental motor Jogja maupun rental mobil Jogja yang tergolong murah untuk menunjang perjalanan wisata anda di Jogja, harga kuliner yang membuat anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, dan tempat wisata Jogja yang juga seringkali berdampingan karena jaraknya yang berdekatan satu dengan lainnya.

Di Jogja tempat wisata tersebar di berbagai Kabupaten/ Kota, oleh karena itu sebelum anda melakukan perjalanan ke Jogja, ada baiknya disortir terlebih dahulu tempat wisata apa saja yang akan anda kunjungi, begitu pula dengan paket tur jogja yang akan anda gunakan, apalagi jika waktu anda untuk melakukan wisata ini tergolong singkat. Salah satu tempat yang juga menjadi pilihan terbaik untuk menikmati wisata Jogja adalah Puncak Kosakora yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Tempat wisata Puncak Kosakora ini belum banyak diketahui oleh para traveller karena lokasinya yang cukup tersembunyi, yakni sekitar dua kilometer dari arah timur Pantai Drini, tepatnya di bukit sebelah Pantai Ngrumput yang ada di Gunung Kidul. Wisata Jogja dengan destinasi pantai memang mayoritas terletak di Gunung Kidul, sehingga jika anda mengunjungi Puncak Kosakora, maka keindahan hampir 20 pantai yang terletak di Gunung Kidul dapat pula anda nikmati, baik dalam perjalanan menuju lokasi maupun saat berada di Puncak Kosakora. Sesampainya di Puncak Kosakora, maka di sebelah barat anda akan menikmati dengan jelas Pantai Ngrumput dan pantai Drini, sedangkan di timur anda dapat menikmati dengan jelas keindahan pantai Kukup.

Bagi anda yang mengagumi dan mengejar pemandangan indah saat sunrise maupun sunset di Jogja, Puncak Kosakora adalah destinasi terbaik untuk menikmati Jogja dengan tersembunyi. Maka, jika anda berniat mengunjungi Puncak Kosakora, sebaiknya anda berangkat menuju lokasi pada subuh maupun sore hari yang tidak terlalu panas lagi. Hal ini dikarenakan anda harus berjalan kaki menyusuri pantai Drini ke arah timur hingga pantai Ngrumput, dan melewati jalanan di bukit karst yang tergolong kecil hingga mencapai puncak. Itupun jika laut sedang surut, lain hal nya jika dalam keadaan pasang, maka anda harus berjalan sedikit lebih lama dengan tidak melewati pantai Ngrumput untuk mencapai puncak, melainkan melalui jalanan rumah warga sekitar dan melewati tangga pada karst yang ditumbuhi pandan laut. Jika perjalanan ini dilakukan pada siang hari, maka tidak baik untuk stamina anda maupun terik yang juga akan dirasakan saat di puncak nantinya. Ada baiknya anda membawa persiapan berupa jaket maupun payung, menggunakan sepatu atau sandal gunung, membawa air mineral agar tidak dehidrasi, selain membawa peralatan kamera tentunya, karena akan sangat disayangkan bila tidak mengabadikan momen atau pemandangan dari Puncak Kosakora yang juga ditumbuhi hamparan rerumputan hijau ini.

Di Puncak Kosakora yang berada pada 50 mdpl, anda juga dapat berkemah bila masih ingin menikmati keindahan hamparan langit malam. Ada tenda yang dapat disewa di sana, baik tenda kecil maupun besar. Bila masih pagi atau sore hari, terkadang ada masyarakat yang menjual makanan ringan maupun minuman di sana. Namun akan lebih baik jika anda membawa persediaan pribadi sebelumnya.

Bila anda bepergian sendirian, ada baiknya menggunakan paket tur Jogja untuk memudahkan mobilisasi perjalanan anda. Biasanya paket tur Jogja disesuaikan dengan jenis kendaraan yang anda gunakan, dan lama paket wisata anda. Misalnya dengan paket wisata Jogja, ada juga rental mobil yang biasanya difasilitasi dengan supir dan biayanya sudah termasuk biaya penjemputan saat anda sampai di Jogja (baik di bandara maupun stasiun), penginapan, bbm, tarif masuk tempat wisata, parkir, dan biaya makan supir. Harga paket tur Jogja seperti ini biasanya menghabiskan sekitar 500.000 hingga 650.000 rupiah untuk satu hari. Biaya pribadi yang mungkin anda keluarkan hanya untuk kuliner, tip, dan belanja souvenir. Namun jika anda lebih senang berpergian seorang diri, maka rental motor Jogja dapat menjadi pilihan anda yang juga akan memberikan saving money yang lebih efisien dibandingkan rental mobil (kecuali barang bawaan anda cukup banyak maka sebaiknya menggunakan rental mobil). Rental motor Jogja biasanya memakan biaya sekitar 50.000 rupiah untuk pemakaian motor selama 12 jam, atau ada juga yang menawarkan 75.000 hingga 100.000 rupiah untuk pemakaian 24 jam yang biasanya akan dilonggarkan waktu pengembaliannya jika diperlukan. Rental motor ini difasilitasi dengan mantel, helm, dan tentunya STNK motor. Syaratnya hanya dengan memberikan kartu identitas dan uang panjer atau langsung lunas untuk dapat menggunakan motor. Keuntungan travelling sendirian jika anda rental motor adalah akan menghemat biaya dan dapat mengunjungi tempat wisata yang anda inginkan tanpa khawatir terkena macet karena dapat melewati jalanan alternatif yang biasanya relatif sempit, namun keuntungan travelling dengan rental mobil adalah anda tidak perlu capek untuk berkendara dan tidak perlu menghabiskan waktu untuk menemukan jalur untuk menempuh destinasi wisata.