Home / Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

punthuk setumbu

Apabila Anda ingin menyaksikan sinar matahari yang cantik dengan latar belakang candi Borobudur yang indah. Maka tidak salah lagi Anda harus mengunjungi Punthuk Setumbu Bukit. Di tempat ini Anda dapat melihat beberapa fotografer yang sibuk mengabadikan foto-foto Candi Borobudur yang dihiasi sinar matahari pagi. Tahukah Anda bahwa tempat ini juga menjadi saksi bisu lokasi syuting film AADC 2, dimana di dalam salah satu adegannya, Cinta dan Rangga tengah menikmati pemandangan matahari terbit, dengan suasana yang cukup romantis.

Puncak bukit Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu ini sendiri merupakan salah satu bukit yang letaknya di gugusan Pegunungan Menoreh. Tinggi bukit ini sendiri hanya sekitar 400 mdpl. Dahulu kawasan ini hanya ladang tempat para petani menanam sayuran, namun berkat seorang fotografer yang mengabadikan sebuah moment cantik surice di Borobudur, maka tempat ini mulai banyak didatangi orang.

Di kawasan puncak bukit ini ada sebuah pelataran yang cukup luas, dan untuk menjaga keamanan, di sekeliling pelataran tersebut dipasang pagar pengaman. Di lokasi ini juga terdapat beberapa fasilitas umum seperti Gazebo, aneka tempat duduk dari kayu, rumah panggung dll. Tentunya ini dapat Anda jadikan sebuah kawasan wisata Jogja yang cukup menarik.

Alamat: Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Koordinat GPS: -7.6076352,110.1706892. ato klik maps Punthuk Setumbu 

Waktu yang paling baik mengunjungi kawasan ini

Jika Anda hendak menikmati pemandangan sunrice di bukit ini, ada baiknya jika berada di parkiran yang terletak di kawasan kaki bukit ini tepat pukul 5 pagi. Setelah itu Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit, untuk menuju puncak Punthuk Setumbu. Rute yang ditempuh tidak terlalu terjal, hanya berupa jalan yang sudah dibeton dan juga jalan tanah pada akhir jalan. Apabila Anda tidak kuat melakukan hiking, di antara lapangan parkir dan puncak terdapat sebuah gazebo untuk beristirahat.

Waktu yang paling tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbit di kawasan ini, adalah pada bulan Juni hingga Agustus. Dimana pada bulan ini masuk musim kemarau, sehingga matahari akan bersinar dengan baik, tidak tertutup awan mendung, dan jalan menuju puncak juga tidak becek. Namun apabila Anda hendak memotret candi Boroburur yang tertutupi kabut, tentunya dapat dilakukan kapan saja.  Jika Anda ingin mendapatkan moment yang pas, tidak ada salahnya jika mengajukan Punthuk Setumbu ini dalam agenda paket wisata Jogja atau paket tur Jogja yang akan Anda lakukan kelak.

Akses menuju bukit Punthuk Setumbu

Akses menuju Punthuk Setumbu memang tidak terlalu sulit. Anda dapat mengikuti berbagai macam petunjuk arah yang ada di kawasan tersebut. Yang perlu Anda lakukan hanya rental mobil Jogja atau rental motor Jogja. Kemudian pergi ke dusun kerahan, desa Karangrejo, Borobudur, Magelang.  Jika Anda berada di daerah Jogjakarta, daerah ini dapat ditempuh denagn kurun waktu sekitar 1 jam perjalanan. Setelah sampai di lokasi ini, Anda hanya perlu mengikuti beberapa petunjuk arah yang jelas.

Setelah sampai di lokasi, Anda dapat menggunakan jasa pemandu wisata untuk menjukkan arah dengan tepat, karena ketika Anda datang pada pagi buta, jalan menuju bukit sangat gelap. Memasuki bukit Anda harus membayar retribusi sebesar Rp 15.000 per orang. Hingga sampailah Anda di bukit Punthuk Setumbu. Lelah dan letih selama perjalanan akan terbayar, ketika menikmati pemandangan alam yang sangat cantik. Tidak heran, jika Rangga dan Cinta sangat terpesona akan keindahan panorama matahari terbit dengan latar belakang candi Borobudur.