Home / Yangko Jogja

Yangko Jogja

Yangko, Oleh-Oleh Tradisional Khas Jogja

yangko-jogja

Liburan ke Jogja? Jangan lupa dengan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat yang ada di rumah. Jogja merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki banyak jenis oleh-oleh untuk dibawa pulang. Jika anda ingin oleh-oleh yang tidak akan habis dimakan anda bisa mengunjungi Dagadu untuk mencari souvenir dan kaos khas dari Jogja, jika anda ingin oleh-oleh yang modern, Jogja memiliki banyak jenis makanan yang modern, salah satunya adalah Coklat Monggo. Coklat Monggo merupakan coklat dari biji kakao terbaik di Indonesia yang dipadu dengan teknik pembuatan coklat terbaik dari Belgia. Selain membawa oleh-oleh tersebut, anda yang ingin membawa kesan budaya dan tradisional yang kental dari Jogja bisa membawa oleh-oleh berupa makanan tradisional khas jogja. Salah satu oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang adalah Yangko. Yangko adalah salah satu identitas dari daerah wisata Jogja. Makanan ini merupakan makanan khas dari Jogja yang dibuat dari tepung ketan yang dibalut dengan tepung bubuk di luarnya. Seperti makanan atau jajanan tradisional Khas dari tanah Jawa, makanan Yangko ini juga diberikan warna-warna yang beragam sehingga tampak semakin menarik. Makanan ini memiliki bentuk kotak dan memiliki tekstur yang kenyal. Rasa yang ditinggalkan di lidah anda adalah rasa manis yang berbeda dari makanan lainnya. Mungkin jika anda pernah memakan kue mochi anda akan mengira makanan ini sama dengan makanan tersebut. Sebetulnya kedua makanan ini memang hampir sama, bedanya yangko memiliki tekstur yang lebih padat daripada kue mochi.

Yangko masa kini

Jika anda sedang mengikuti paket tur Jogja, anda wajib membawa pulang kue ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga anda. Yangko adalah salah satu makanan yang dibuat dengan cara yang sulit, karena makanan ini merupakan makanan tradisional maka keberadaan makanan ini harus tetap didukung supaya dapat bertahan dengan persaingan. Dari pengrajin yangko sendiri, yangko sudah diolah dan diinovasikan sehingga saat ini ada banyak rasa yang bisa anda dapatkan di dalam yangko ini. Dahulu yangko hanya memiliki 2 buah rasa yaitu rasa kacang dan juga gula. Namun kini anda bisa menemukan banyak rasa buah-buahan ketika mengkonsumsi makanan oleh-oleh khas Yogyakarta ini.

Cara membuat Yangko

Yangko memang bukan makanan yang mudah untuk dibuat, diperlukan ketraletan khusus dan tinggi agar anda bisa membuat makanan ini. Meski sulit, anda masih bisa mencoba membuat makanan ini. Hal ini untuk berjaga-jaga jika anda merasa rindu dengan oleh-oleh Jogja pada saat anda mengikuti paket wisata Jogja ini.

Yangko di buat dengan menggunakan tepung ketan sebanyak 500 gr dengan bahan lainnya seperti margarin sebanyak 2 sendok makan, santan sebanyak 300 ml yang dibuat dari kelapa ½ butir dan juga tepung maizena sebanyak 100 gr. Untuk rasanya anda bisa menambahkan sedikit garam di dalam campuran tersebut.

Untuk membuatnya hal pertama yang perlu dilakukan dalah mencampurkan tepung dengan air secukupnya. Lalu saring dengan menggunakan kain. Setelah itu lelehkan margarin yang telah disiapkan lalu campurkan pada adonan tepung ketan yang sudah dibuat. Tambahkan garam dan juga santan yang juga sudah dibuat. Setelah itu tambahkan pewarna sesuai dengan yang diinginkan lalu aduk hingga rata.

Setelah itu kukus adonan selama 45 menit. Angkat lalu tiriskan. Setelah dingin bagi adonan menadi 2 bagian kemudan berikan isian sesuai dengan yang anda inginkan.

Membeli Yangko

Jika anda ingin mencoba yangko sebagai oleh-oleh untuk tetangga-tetangga yang banyak, anda bisa membeli yangko ini di tepat-tempat penjualan oleh-oleh. Tapi jika dan ingin mencoba yangko dengan cita rasa yang juara, jangan segan untuk datang ke daerah jl. Pramuka. Di daerah ini anda bisa menemukan kue yangko yang memiliki rasa yang juara. Kue yangko yang dijual di daerah Jalan pramuka ini adalah kue Yangko Pak Prapto. Kue Yangko Pak Prapto ini merupakan kue yangko yang sudah terkenal kelezatannya. Yangko Pak Prapto ini memiliki isian yang beragam seperti yangko-yangko yang modern. Meski merupakan yangko yang bermerk, Yangko Pak Prapto ini tidak dijual dengan harga yang mahal. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 30 ribuan untuk bisa menikmati yangko yang nikmat ini.

Jika anda ingin mencoba yanko Pak Prapto ini anda bisa melakukan rental motor Jogja kemudian datang ke Jl. Pramuka nomor 82 pada jam operasinya. Pastikan anda tidak datang ke outlet Yangko Pak Prapto pada jam 7 atau lebih, hal ini disebabkan karena Yangko Pak Prapto akan buka pada jam 8 pagi hingga jam 7 malam.

Jika anda rindu dengan citarasa dari Yangko Pak Prapto tapi anda tidak memiliki kesempatan untuk datang lagi ke Jogja, anda bisa melakukan pemesanan Yangko Pak Prapto secara online. Dengan pengiriman secara online ini anda bisa memesannya hingga ke luar kota. Jika rombongan travel anda tidak memiliki rencana untuk mengunjungi Yangko Pak Prapto maka anda bisa membeli yangko yang tidak bermerk yang dijual di toko oleh-oleh di pinggran jalan Jogja, tapi jika anda tidak merasa puas juga anda bisa mencoba memesan yangko populer ini secara online seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Jika anda bersama rombongan, anda bisa melakukan rental mobil Jogja untuk bisa melakukan wisata dengan lebih mudah. Dengan menggunakan rental mobil anda bisa berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat lainnya tanpa terbatas waktu dan keinginan orang yang lainnya. Pastikan anda juga menyewa supir yang sudah mengenal kota Jogja dengan baik sehingga anda tidak perlu was-was di jalan.