Beranda » Wisata Jogja » Pantai Ngobaran Wisata Dengan Nuansa Keagamaan yang Kental

Jogja memiliki banyak keunikan dalam objek wisatanya. Wisata Jogja yang beragam kebanyakan mengandung unsur adat istiadat dan ritual keagamaan yang kental. Selain itu, nuansa alam yang alami juga menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Jogja sebagai tempat wisata fenomenal yang menjadi destinasi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika anda berencana berlibur ke Jogja dengan menggunakan paket Wisata Jogja dan paket tur Jogja, sempatkanlah diri untuk mengunjugi tempat-tempat wisata yang kental akan budaya dan memanjakan mata. Salah satu Wisata Jogja yang menyajikan pemandangan indah dengan sentuhan keragaman yang kental adalah Pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran terletak di daerah gunungkidul Jogjakarta merupakan pantai yang menyajikan keindahan alam yang indah dengan adanya barisan tebing tinggi, batu karang beserta alga atu rumput laut dan deretan pohon pandan laut, gulungan ombak, hamparan pasir putih dan tak kalah menakjubkannya adalah adanya sentuhan keragaman budaya yang kental. Keragaman budaya dapat dilihat dengan adanya 4 deretan rumah ibadah dari agama yang berbeda yang berdekatan entah mencerminkan suatu multikulturalisme atau menunjukkan suatu kepercayaan yang tentunya menambah keunikan kawasan wisata pantai Ngobaran.

Mitos Pantai Ngobaran

Dikawasan ini maka anda akan menemukan beberapa rumah ibadah yang berdampingan seperti mesjid dan pura, juga terdapat tempat peribadatan sebuah aliran yaitu kejawan dan kejawen. Jika anda beruntung anda akan dapat  melihat beberapa teradisi upacara keagamaan dipantai Ngobaran ini.

Di atas bukit karang anda akan menemukan sebuah batu berbentuk kotak di depan rumah Joglo yang dikelilingi oleh pagar abu-abu.Mitos yang bekembang batu kotak tersebut merupakan tempat prabu brawijaya V membakar dirinya sendiri. Prabu Brawijaya V sendiri adalah keturunan terakhir dari susunan kerajaan Majapahit, ia melarikan diri dari istana dengan kedua istrinya karena tidak sudi ketika diminta untuk masuk Islam. Pelarian dirinya akhirnya berujung di pantai Ngobaran Gunung Kidul. Ia akhirnya memutuskan untuk bunuh diri dengan masuk ke kobaran api, Prabu Brawijaya V mengajak salah satu darinistrinya untuk masuk kedalam api tersebut, hingga keduanya terbakar, cerita dari mitos tersebut maka muncullah nama Ngobaran atau dapat disebut juga kobong atau kobaran yang berarti membakar diri. Mitos ini berkembang di masyarakat setempat dan akhirnya membuat para penganut kejawan yaitu kepercayaan peninggalan prabu brawijaya V sering mengadakan ritual di pantai Ngobaran ini.

Beberapa ritual lain yang menarik untuk disaksikan adalah upacara gaulungan yang diadakan tiap malam bulan purnama dan upacara melastri atau bagian dari upacara nyepi bagi penganut agama hindu.tidak ketinggalan ada pula penganut aliran kejawen yang juga melakukan ritual keagaman pada setiap malam selasa dan jumat, sehingga jika anda mengunjungi pantai Ngobaran ini selai keindahan pantai yang terlihat ada pula suasana mistis yang kental bersatu dengan alam.

Keindahan dan Kekayaan Alam Pantai Ngobaran

Meski mistis pantai Ngobaran juga tak dapat terlepas dari pesona dan kekayaan alamnya. Di sini anda akan dimanjakan oleh deburan ombak yang indah menyatu dengan hamparan pasir putih dan batu karang. Selain itu anda juga dapat melihat kondisi pantai saat sedang surut, jika anda datang pada pukul 6 sampai 11 pagi. Sejumlah masyarakat pun juga memanfaatkan kondisi surutnya pantai ini untuk mencari karangan atau rumput laut. Hasil rumput laut yang berlimpah di pantai Nobaran ini juga menjadi sumber pendapatan warga untuk didistribusikan ke kota-kota besar. Untuk anda yang juga ingin membawa buah tangan berupa karangan atau rumput laut. Anda juga dapat membelinya di sini dengan harga 1000 hingga 5000 rupiah per kilogram dengan jenis yang berbeda.

Selain dapat menikmati olahan rumput laut, pada sore hari anda juga dapat menemukan beberapa nelayan yang mencari hasil laut lain seperti landak laut, lobster dan kerang yang tersembunyi di sela batu karang. Di sekitar pantai Ngobaran ini juga terkenal dengan hasil olahan landak lautnya yang nikmat. Anda dapat menemukan dengan mudah hidangan landak laut ini di warung-warung makan di sekitaran pantai Ngobaran. Meski terlihat ekstrem, sajian landak laut ini tentunya tak boleh anda lewatkan agar wisata Jogja anda semakin berkesan.

Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai ngobaran

Pantai ngobaran merupakan salah satu wisata Jogja yang ramah kantong. Harga tiket masuk  per orang untuk menikmati keindahan di pantai ini hanya sebesar 3.000 rupiah. Tiket masuk ini pun juga sudah termasuk dengan tiket masuk pantai Ngrenehan yang berada tak jauh dari pantai Ngobaran. Meski fasilitas yang ditawarkan pantai Ngobaran ini belum lengkap karena di daerah ini masih belum memiliki aliran listrik dan belum ada fasilitas penginapan, pantai Ngobaran tetap menjadi objek wisata Jogja yang sayang jika dilewatkan karena keindahan alam dan sentuhan kebudayaannya. Namun, fasilitas dasar seperti kamar kecil, tempat ibadah dan warung makan sudah tersedia di kawasan pantai Ngobaran ini.

 Demikian ulasan mengenai objek Wisata Jogja yang patut anda kunjungi yakni pantai Ngobaran. Anda dapat menikmati suasana alam yang indah disertai nuansa kebudayaan yang mistis yang tentunya tak dapat anda lupakan. Terlebih lagi adanya olahan laut yang tak biasa berupa landak laut yang patut anda coba ketika mengambil paket wisata Jogja atau paket tur jogja ke pantai Ngobaran ini. Anda juga dapat menggunakan jasa rental mobil Jogja dan rental motor Jogja untuk mempermudah anda ke objek-objek wisata Jogja yang anda inginkan, tentunya membuat liburan anda semakin tak terlupakan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.