Beranda » Jelajah Wisata Kebudayaan Museum Affandi Jogjakarta

Jelajah Wisata Kebudayaan Museum Affandi Jogjakarta

museum-affandi

Jika anda melakukan perjalanan wisata Jogja, tak ada salahnya anda mengikuti paket wisata Jogja atau paket tur Jogja yang akan membawa anda ketempat-tempat bersejarah di Jogja. Wisata Jogja memberikan berbagai macam pilihan destinasi yang unik, bersejarah, bagus dan tentunya tak akan terlupakan. Untuk anda para backpaker, anda dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang syarat akan karya seni, salah satunya adalah Museum Affandi.

Museum Affandi terletak di jakan Laksada Adisucipto yang menghubungkan kota Jogja dengan Solo, di tepi barat Sungai Gajahwong. Kompleks museun ini dapat dibilang cukup besar dengan berdiri di atas lahan sebesar 3.500 meter persegi. Pembangunan kompleks museum ini dibangun secara bertahap dan dirancang sendiri oleh Afandi semasa hidupnya.

Museum Affandi merupakan museum yang berisi ratusan lukisan yang kaya akan makna karya sang maerstro, Affandi. Pada museum ini anda akan mengenal jejak sejarah kehidupan yang dilalui Affandi, karena bukan hanya museum untuk menyimpan karya sastra beliau, tetapi tempat ini dulunya adalah trmpat tinggal sekaligus galeri tempat sang maestro menciptakan karya seninya. Sampai akhirnya Affandi dan Istri meninggal dan tempat ini dijadikan museum galeri seni yang dapat dikunjungi wisatawan.

Museum Affandi buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB dan tutup pada hari libur nasional. Untuk menikmati karya seni yang terdapat pada kompleks museum ini anda perlu membayar tiket sebesar 20.000 rupiah bagi wisatawan domestik dan 50.000 rupiah untuk wisatawan asing atau mancanegara. Untuk anak-anak usia 0-6 tahun tidak dikenakan biaya masukk. Bagi wisatawan yang ingin membawa kamera juga diwajibkan membayar biaya tambahan sebesar 20.000 rupiah dan untuk kamera ponsel sebesar 10.000. Jika anda mengunjugi Museum Affandi dengan menggunakan paket wisata Jogja atau paket tur Jogjatentunya juga ada harga khusus yang akan anda dapatkan.

Dengan paket wisata Jogja anda akan diajak berkeliling ke dalam kompleks Museum Affandi yang syarat akan seni ini. Di sini anda tidak hanya dapat melihat karya seni lukis peninggalan Affandi, tetapi juga dapat mengetahui sejarah Affandi mulai dari hidup sampai dimakamkan di kompleks Museum ini. Selain itu, tersimpan pula beberapa hasil lukisan dari pelukis ternama lainnya seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, dan Muchtar Apin. Ditambah dengan seni patung hasil karya Amrus Natalsya,dan cukil kayu poles karya keluarga Tjokot.

Museum Affandi yang menyimpan berbagai serajah kehidupan dan karya sastra sang maestro dibungkus apik, tentunya layak untuk anda kunjungi saat anda berwisata di Jogja. Museum Affandi ini terdiri dari empat galeri beserta bangunan pelengkap lainnya seperti dua studio lukis dan bangunan tempat tinggal Afandi dan keluarga semasa hidupnya.

Galeri I

Pada galeri I anda dapat menemui loket penjulan tiket dan pusat informasi museum. Galeri ini selesai dibangun pada tahun 1962 dengan luas bangunan 314,6 meter persegi yang dijadikan ruang pameran untuk sejumlah hasil seni lukisannya.

Galeri I berisikan karya-karya Affandi dari awal karier hingga masa akhir hidupnya. Selain itu diberikan pula sentuhan perjalanan hidup Affandi dengan menampilkan mobil sedan Mitsubishi Gallant tahun 1975, sepeda Relight tahun 1975, kuas yamg dipakainya untuk menuangkan hasil karya seni, sendal jepit, ember, kain, sarung bermotif kotak-kotak, kliping berita koran, foto kenangan semasa hidupnya serta tak ketinggalan pipa cangklong kesayangannya.

Selain itu terdapat pula beberapa piagam penghargaan atas hasil karya Affandi semasa hidupnya dan koleksi perangko PT. POS Indonesia yang menampilkan seri gambar Affandi pada tahun 1997. Di sudut lainnya dipamerkan dua buah patung potret yang terbuat dari semen dan tanah liat, serta sebuah patung reproduksi karyanya yakni berupa potret dirinya bersama putri kandungnya, Kartika.

Galeri II

Memasuki Galeri II anda akan dimanjakan dengan lukisan-lukisan karya Affandi, yang pada perkembangan jamannya galeri ini akhirnya juga menjadi ruang pamer koleksi lukisan pelukis terkenal lainnya seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Fajar Sidik dan pelukis ternama lainnya. Galeri ini terdiri atas dua lantai. Pada lantai pertama disajikan karya-karya lukis yang bersifat abstrak, sedangakan pada lantai ke dua lebih didominasi oleh karya lukisan bersifat realis.

Galeri III

Bangunan ini memiliki ciri khas arsitektur yang sama yakni menggunakan bentuk garis melengkung dengan atap seperti bentuk pelepah daun pisang. Galeri ini terdiri dari tiga lantai. Pada lantai pertama berupa ruang pamer dari hasil karya seni keluarga Affandi yakni sulaman Maryati istrinya, lukisan Kartika dan Rukmini anaknya. Pada lantai kedua digunakan untuk ruang perawatan atau perbaikan lukisan dan lantai bawah tanahnya sebagai ruang penyimpanan lukisan.

Galeri IV

Galeri ini adalah galeri tambahan yang baru dibangun yang berisikan lukisan hasil karya Didit cucu dari Affandi. Ruangan ini memiliki nuansa langit-langit yang terbuat dari anyaman bambu.

Museum Affandi merupakan objek wisata Jogja yang wajib anda kunjungi para backpaker. Untuk mengunjungginya ada beberapa pilihan untuk anda, yakni dengan mengikuti paket wisata Jogja atau paket tur Jogja yang tentunya memiliki harga khusus yang lebih ekonomis. Selain itu apabila anda ingin mengunjunginya secara pribadi, anda juga bisa menggunakan jasa rental motor Jogja ataurental mobil Jogja sebagai alat transportasi ekonomis pilihan untuk mengunjungi Museum Affandi dan objek wisata lainnya yang tentunya tidak kalah menarik dan syarat akan budaya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.