Beranda » wisata alam » Spot Menarik Untuk Foto Prewedding di Bukit Panguk Kediwung, Jogja

Jasa rental motor Jogja Murah. Seperti kita ketahui, saat ini semakin banyak sekali tempat wisata bermunculan, terlebih lagi untuk wisata perbukitan di Yogyakarta. Jadi tak heran bila kota Yogyakarta menawarkan banyak objek wisata yang dikelilingi area perbukitan indah. Terutama di Kabupaten Bantul, yang terdiri atas kawasan perbukitan dan daratan. Jika sebelumnya Dlingo, hanya populer dengan adanya Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunanya saja, namun saat ini sudah ada lagi tempat wisata yang sedang populer, apalagi kalau bukan Puncak Panguk Kediwung.

Tentang Bukit Puncak Panguk Kediwung

Bukit Puncak Panguk Kediwung diresmikan pada 16 Mei 2016 serta berlokasi di area puncak tebing Batu Lawang, di Puncak Tebing Batu Lawang, di kawasan Pedukuhan, Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Dimana Bukit Panguk Kediwung tersebut sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai pemandangan alam pernikitan serta bentangan alam menyegarkan. BIla Anda beruntung mengunjungi pagi hari menuju tempat ini, Anda dapat menikmati suasana eksotis, yakni berbentuk hamparan kabut. Sebab kabut tersebut muncul saat pagi hari, untuk itu Anda harus berangkat menuju Bukit Panguk Kediwung saat pagi hari sekali.

Di samping memiliki Curug lepo, Puncak Becici, Kebun Buah Mangunan, dan Sri Tanjung, Kecamatan Dlingo di Kabupaten Bantul ini ternyata menawarkan tempat wisata altenatif yang baru, yakni Bukit Panguk Kediwung. Tempat wisata tersebut menjadi spot paling ngehits saat ini sebab foto-fotonyya sudah menyebar di Instagram dengan vital. Tempat lokasi Panguk Kediwung Dlingo ini sekilas seperti kawasan Punthuk Mongkrong yang ada di Magelang maupun Bukit sanderan yang ada di Purbalingga.

Tempat wiisata Bukit Panguk tersebut menyediakan panorama alam berbentuk hamparan pegunungan yang hijau di sederetan Imogiri dan Dlingo. Adapun lokasi kawasan Bukit Panguk Kediwung, tepatnya di tepi bibir bukit sendiri memang menjadikan tempat ini sebagai spot-spot menarik yang asik dan menarik untuk foto-foto selfie. Di samping itu, pengunjung pun bisa memanjakan mata melalui panorama alam yang ditawarkan dengan latar cakrawala langit dan pegunungan yang hijau.

Di tempat wisata ini telah disediakan berbagai macam gardu pandang dengan arah menjorok ke bagian mulut tebing. Dengan begitu bagi yang ingin melakukan fotografi, maka Anda akan mendapatkan objek yang indah dan luas. Apalagi bila Anda ingin sedikit berjuang datang berkunjung di pagi buta, bisa menikmati kejutan selimut kabut sangat indah, seperti halnya saah berfoto di kawasan Kebun Buah Mangunan.

Aktivitas di Bukit Panguk Kediwung Dlingo

Di tempat wisata Jogja ini, ada berbagai spot menarik yang telah tersedia dan begitu banyak diminati para traveller. Sebab letaknya di atas gardu pandang, sehingga pengunjung pun tak hanya dapat menikmati panorama alam yang eksotis saja melainkan juga sangat cocok dijadikan sebagai spot berselfie dengan sesuka hati. Tak hanya itu saja, spot ini juga sangat ideal sebagai tempat foto prewedding dengan menawarkan pemandangan yang romantic. Bahkan sudah banyak traveller yang memanfaatkannya sebagai tempat prewedding.

Kawasan wisata Bukit Panguk Kediwung ini sangat populer disebut sebagai Negeri di Atas Awan, sebutan ini juga berlaku untuk Kebun Buah Bangunan. Hal tersebut dikarenakan, di tempat ini sering terdapat kabun awan pekat menyelimuti kawasan wisata ini, terlebih lagi saat pagi hari sekali. Wisatawan yang ada di kawasan wisata ini juga bisa merasakan sensasi yang luar biasa seolah-olah ada di atas awan. Saat awan pekat menghilang, di kawasan ini akan tampak sekali panorama alam yang indah terpancar dari bukit hijau tersebut dihiasi sungai mengalir dengan pepohonan pinus lebat dan  dipadukan dengan langit biru.

Lokasi Bukit Panguk Kediwung Dlingo

Tempat wisata Jogja ini berlokasi di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, ada di kawasan Puncak Bukit Batu Lawang, yakni berjarak 2 km dari arah Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata ini bisa dikatakan masih baru sebab baru dibuka secara resmi pada 16 Mei 2016 kemarin. Selain itu, tempat wisata ini masih belum diketahui oleh masyarakat banyak.

Rute Ke Bukit Panguk Kediwung Dlingo

Menuju lokasi wisata Bukit Panguk Kediwung Dlingo ini, sebenarnya sangat mudah. Hanya saja Anda harus mengetahui arah ke Kebun Buah Mangunan atau Hutan Pinus. Dari arah kota Yogyakarta Anda bisa mengambil arah menuju Imogiri, lalu menuju Dlingo atau Kebun BUah Mangunan yang sudah terdapat papan penunjuknya. Bila sudah tiba di kawasan wisata Kebun Buah Mangunan, maka Anda dapat menangakan ke warga sekitar arah menuju kediwung.

Bila Anda sudah tiba di Dusun Kediwung, cukup ikuti petunjuk arah saja sebab sudah dipasang banyak petunjuk arah oleh pihak pengelola wisata setempat. Adapun rute perjalanan ke Bukit Panguk tersebut bisa dikatakan cukup ekstrim sebab tanjakan dan turunannya begitu tajam. Untuk itu, jika Anda yang ingin pergi berwisata ke tempat ini harus menggunakan motor. Untuk warga luar Yogyakarta bisa menggunakan jasa sewa motor Jogja, pastikan Anda memilih motor yang memiliki kondisi masih prima.

Harga Tiket Masuk Menuju Bukit Panguk Dlingo

Untuk memasuki kawasan wisata Bukit Paguk ini, para wisatawan cukup membayar seiklasnya saja untuk membantu pembangunan wisata sebab belum ditetapkan tarif retribusi. Di samping itu, Anda juga harus membayar parkit motor Rp. 2000/ motor atau per mobil Rp. 5000. Sementara fasilitas yang ditawarkan di kawasan wisata bukit Panguk ini, diantaranya warung makan dan Gazebo. Bagi Anda yang ingin menikmati kabut yang menyelimuti bukit ini saat pagi-pagi sekali, maka Anda harus menginap dihotel Jogja yang letaknya dekat dengan kawasan wisata ini.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.